Fri. Nov 15th, 2019

Keuskupan Agung Pontianak

Instarare Omnia in Christo

Temu Kangen Bapakat Paroki Pemangkat

Tanggal 23 Maret 2019 lalu, bertempat di Gereja Katolik Santo Yosep Pemangkat telah dilangsungkan temu kangen Bapak-bapak Katolik (Bapakat) se- paroki.

Temu kangen ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan dalam rangka Ulang Tahun ke-139 Nama Pelindung Paroki Pemangkat.

Pastor Paroki RD. Alexander Mardalis menyebut temu kangen Bapakat sebagai momentum merajut kebersamaan antar bapak-bapak Katolik se-paroki Pemangkat.

“Penting untuk merajut persatuan dan kebersamaan bagi bapak-bapak Katolik, dalam melaksanakan perutusannya sebagai anggota Gereja guna menunaikan kerasulan mereka baik dalam bidang rohani maupun di bidang duniawi,” singkat RD. Alexander Mardalis.

Yang istimewa dari kegiatan ini adalah Uskup Agung Pontianak, Mgr. Agustinus Agus berkenan hadir dan memberikan arahan serta menyampaikan berbagai hal terkait program-program keuskupan.

Dalam itu, Uskup Agus mengajak Bapakat untuk menjadi agen perubahan di masyarakat. Bapakat harus memberi cahaya dan rasa bagi lingkungannya.

“Bapak-bapak Katolik adalah sebagai kepala, motor penggerak, dan imam dalam keluarga. Harus bisa berperan sebagai garam dan terang. Memberi rasa dan terang bagi sesama dan lingkungan,” ujar Uskup Agus.

Uskup Agus menyebut kehidupan menggereja harus dimulai dari diri sendiri. Bapak-bapak Katolik menurut Uskup Agus, harus harus yakin dalam menanamkan nilai kebaikan. Bukan hanya sebatas kata-kata, tapi juga perbuatan.

“Temu kangen ini sangat bermanfaat sebagai wadah untuk mengembangkan dan menguatkan iman bersama. Bapak-bapak Katolik harus mampu mengontrol keluarga khususnya anak-anak terutama di dalam pergaulan. Jangan sampai anak-anak kita terjerumus bahaya narkoba karena pergaulan bebas,” ujarnya berpesan.

Kegiatan temu kangen ini dipandu oleh imam muda yang baru saja ditahbiskan dan juga akan bertugas di Paroki Pemangkat, yaitu : RD. Paulius Surip.

Usai kegiatan, Bapak-bapak Katolik di undang untuk santap malam dan ramah-tamah bersama Uskup Agus, Pastor Paroki, dan kedua imam yang baru (RD. Paulius Surip dan RD. Valerius Hilarion Tjhen Hendra.

Tim Musik dari Komsos Keuskupan Agung Pontianak yang juga dihadirkan oleh Uskup Agus malam itu, semakin menambah semaraknya suasana.

PM

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Keuskupan Agung Pontianak