Mon. Oct 14th, 2019

Keuskupan Agung Pontianak

Instarare Omnia in Christo

Paroki Katedral Pontianak, Tuan Rumah Penyelenggaraan Expo Panggilan 2019

Sejak tahun 1963, Gereja merayakan Hari Minggu Panggilan Sedunia  yang tiap tahunnya jatuh pada  Hari Minggu Paskah IV (hari Minggu Gembala Yang Baik).

Tahun ini, Hari Minggu Panggilan dirayakan untuk yang ke-56 yang jatuh pada tanggal 12 Mei 2019. Dalam konteks ini Keuskupan Agung Pontianak telah membentuk Panitia untuk kegiatan tersebut.

Paroki Santo Yosef Katedral Pontianak ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan Perayaan Hari Panggilan untuk tingkat Keuskupan Agung Pontianak.

Suasana Aksi Panggilan Tahun 2018 lalu di Paroki Keluarga Kudus sebagai Tuan Rumah Penyelenggata

Adapun tema yang diusung : ” BUKAN KAMU YANG MEMILIH AKU, TETAPI AKULAH YANG MEMILIH KAMU” (Yoh. 15 : 16 ).

Dari data yang terhimpun dari Panitia Penyelenggara, ada 27 tarekat yang akan ambil bagian dalam kegiatan ini. Masing-masing tarekat nantinya akan diberi stand bazar dan pameran untuk memamerkan dan mempromosikan karya-karya yang sudah, sedang dan akan dijalankan.

Lokasi pameran untuk stand-stand itu akan ditempatkan di basement gereja Katedral Pontianak, mulai tanggal 10-12 Mei 2019.

Selain bazar dan pameran, juga akan ada sharing tanya jawab dengan Uskup Agung Pontianak, Mgr. Agustinus Agus, yang akan dilaksanakan pada tanggal 10 Mei 2019 usai acara pembukaan dan ibadat singkat pukul 15.00 WIB sampai selesai.

Orang Muda Katoik yang datang menghadiri kegiatan Aksi Panggilan tahun 2018 lalu

Tanggal 11 Mei 2019 akan ada seminar religius yang dimulai pukul 08.00 – 13.00 WIB. Dilanjutkan dengan sharing OMK bersama Pastor Matius Mali, CSsR (dosen Ahli Teologi Moral di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Sore hari (pukul 17.00 – 18.30) akan dirangkaikan dengan Perayaan Paskah Mahasiswa se-Kotamadya Pontianak. Usai itu, akan ada pentas seni/hiburan yang dipersembahkan oleh artis ibukota dan mahasiswa.

Tanggal 12 Mei 2019 diadakan Misa Penutupan Hari Minggu Panggilan pukul 08.30 – selesai, dilanjutkan dengan ramah tamah bersama Uskup dan umat.

Hari Minggu Panggilan merupakan hari doa untuk mohon pertumbuhan  panggilan khusus untuk menjadi imam, bruder dan suster.

“Tidak ada sukacita yang lebih besar daripada mempertaruhkan nyawa bagi Tuhan! Jangan tuli terhadap panggilan Tuhan”.

Demikian diungkapkan Bapa Suci Paus Fransiskus dalam Pesannya pada Hari Minggu Panggilan Se-Dunia tahun 2019.

Paus Fransiskus mengatakan, panggilan Tuhan menjadikan kita pembawa janji, dan pada saat yang sama, meminta kita untuk berani ambil risiko, bersama-Nya dan bagi-Nya.

Pastor dan Frater yang memberi kesaksian pada Aksi Panggilan tahun 2018 lalu di Paroki Keluarga Kudus Pontianak

Kata Paus Fransiskus, panggilan Tuhan bukanlah gangguan dari Tuhan dalam kebebasan kita; panggilan itu bukan “sangkar” atau beban untuk dipikul. Sebaliknya, panggilan adalah inisiatif cinta dengan mana Tuhan menjumpai kita dan mengundang kita untuk menjadi bagian dari suatu pekerjaan besar,” kata Paus.

Setiap manusia memiliki panggilan hidup masing-masing, tetapi semua panggilan itu adalah bukti cinta Tuhan kepada kita dan bila Tuhan menghendaki Ia akan memanggil kita dengan cara yang ajaib.

Tak banyak umat yang mengetahui bagaimana seluk-beluk hidup membiara. Barangkali inilah yang menyebabkan berkurangnya calon imam di tarekat-tarekat ataupun seminari-seminari. Fenomena ini bukanlah disebabkan tidak adanya panggilan. Pertama-tama karena banyak umat yang tidak tahu-menahu kehidupan membiara. Atau kalaupun ada yang mengetahui, masih sebatas pada bagian luarnya saja.

Oleh karena itu, ayo datang dan hadiri kegiatan Hari Minggu Panggilan 2019 tingkat Keuskupan Agung Pontianak.

PM

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Keuskupan Agung Pontianak