Mon. Oct 14th, 2019

Keuskupan Agung Pontianak

Instarare Omnia in Christo

Turne : Karya Nyata Pelayanan OMK Paroki Pahauman

Suasana Turne dalam masa Paskah di Wilayah Paroki Pahauman

Masa Paskah merupakan masa yang dimulai dari Hari Raya Minggu Paskah sampai Hari Raya Pentakosta dalam kalender liturgi Gereja Katolik.

Pada masa ini, umat Kristen merayakan peristiwa kebangkitan Yesus Kristus yang rela wafat demi menebus dosa umat manusia dengan penuh rasa syukur dan sukacita.

Rasa syukur tersebut diwujudkan oleh Orang Muda Katolik (OMK) Paroki Santo Yohanes Pemandi Pahauman dalam karya nyata pelayanan kepada umat atau turne di seluruh lingkungan, stasi dan wilayah yang ada di Paroki Pahauman, pada hari Minggu, 19 Mei 2019.

Berikut merupakan Gambaran Perjalanan Saat Berturne di Wilayah Paroki Pahauman yang begitu luas dan jauh

OMK Paroki Pahauman merupakan salah satu organisasi orang muda dengan jumlah yang besar, sebab mereka berasal dari 177 stasi yang kemudian tergabung dalam 13 wilayah yang ada di Paroki Pahauman.

Dalam pelaksanaan turne, OMK dibagi menjadi 119 kelompok turne. Tiap kelompok beranggotakan 4 atau 5 OMK yang didampingi oleh pembina. Masing-masing anggota kelompok menjadi petugas liturgi, seperti pemimpin ibadat, lektor, pemazmur, dan pembawa kotbah.

Sebelum melaksanakan turne, OMK sudah mempersiapkan diri melalui latihan sebanyak 2 kali, pada hari Kamis dan Sabtu bersama pembina OMK. Latihan ini bertujuan agar OMK dapat menjalankan tugas turne dengan baik.

“Bentuk latihan yang kami lakukan adalah membaca dan mempraktikkan tata perayaan ibadat dibuku panduan turne. Setelah itu, pembina memberi saran guna memperbaiki hal yang kurang benar,” kata Yogo, anggota kelompok turne di stasi Tonang.

Rute perjalanan yang jauh dan banyak stasi yang memiliki akses jalan yang kurang baik bukan penghalang bagi mereka untuk menjalankan tugas pelayanan tersebut. Mereka siap ditugaskan di seluruh stasi di Paroki Pahauman dengan penuh semangat. Sejak pagi, mereka semua telah berkumpul di halaman Gereja untuk berdoa bersama, memohon berkat Tuhan atas kelancaran turne. Setelah itu, masing-masing kelompok pergi ke setiap stasi yang telah ditentukan.

Suasana Minggu tanggal 19 Mei 2019 Usai Ibadat Bersama Umat

Ibu Yuyun, selaku koordinator pembina OMK Paroki Pahauman mengaku pelaksanaan turne hari ini bertujuan untuk mengaktifkan dan melatih banyak OMK agar memberikan diri kepada Tuhan melalui karya pelayanan.

“Harapan saya setelah dilaksanakannya turne, semoga semakin banyak OMK yang aktif dan menjaga kekompakan bersama segenap pembina,” ungkapnya.

Keterlibatan diri dalam tugas pelayanan ini mendapat respon yang baik dari Echa, OMK Wilayah Tumahe yang bertugas sebagai pemazmur di Gereja Santo Agustinus, wilayah Senakin. Echa merasa senang karena telah mengambil bagian dalam perayaan ibadat sabda bersama umat. Apalagi kelompok turnenya disambut dengan sangat baik oleh umat disana.

“Melalui turne, saya dapat bersosialisasi dengan umat, terutama mengenai program OMK. Selain itu, saya dapat melihat bagaimana umat di gereja wilayah atau stasi yang ada di Paroki Pahauman. Umat disini sangat ramah. Pada bagian salam damai, mereka bersalaman satu sama lain, kemudian saling mengucapkan selamat hari minggu setelah misa selesai” jelas Echa.

Kesan manis menjadi petugas liturgi juga disampaikan oleh Wulan, OMK Wilayah Sidas yang telah menjalankan tugasnya di Wilayah Saham.

“Saya merasa senang bisa memberikan pelayanan kepada umat, apalagi di tempat dan suasana yang baru sebab saya dapat berkenalan dengan umat sekaligus menambah relasi,” kata Wulan.

Kegiatan turne ini telah menjadi program tahunan OMK Paroki Pahauman yang selalu diadakan 2 kali dalam setahun, yaitu pada bulan Mei dan November. Semoga turne selalu menjadi wadah bagi OMK Paroki Pahauman dalam mewujudkan pelayanan kepada umat.

Pricilia Grasela-Volunteers Komsos KAP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Keuskupan Agung Pontianak