Mon. Nov 11th, 2019

Keuskupan Agung Pontianak

Instarare Omnia in Christo

Paroki Mater Dolorosa Jelimpo; Lanjut Estafet Salib HOMKKAP 2

Tarian dengan nuansa etnik menyambut kedatangan Pra HOMKKAP di Paroki Jelimpo

Paroki Jelimpo merupakan paroki baru di Keuskupan Agung Pontianak dimana 3 orang pastor, 3 orang frater dan 11 orang suster dari Ordo Servorum Mariae (OSM) berkarya di sana. Mereka memusatkan perhatian terhadap pelayanan untuk membangun iman umat dengan mengadakan katekese dan memberikan pemahaman tentang sakramen kepada umat agar umat dapat menghidupkan nilai-nilai sakramen dalam kehidupan mereka setiap hari.

Pra HOMKKAP 2 secara simbolis dengan penyambutan Salib HOMKKAP terjadi di Gereja Mater Dolorosa Paroki Jelimpo pada hari Rabu, 05 Juni 2019. Hadir dalam prosesi estafet Salib HOMKKAP kurang dari 400 OMK dan umat se-Dekanat Landak. Selain itu, suster-suster OSM juga menghadiri prosesi tersebut.

Acara penyambutan Salib HOMKKAP dari Paroki Pahauman ke Paroki Jelimpo ini dibawa dalam Perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh Pastor Moderator OMK Jelimpo, Pastor Marsel, OSM dan Pastor Moderator OMK Pahauman, Pastor Yoseph Ekatom, OFM.Cap.

Salib HOMKKAP diarak dari Kantor Camat yang berjarak sekitar 1 km dari Gereja pusat paroki

Salib HOMKKAP diarak dari Kantor Camat yang berjarak sekitar 1 km dari Gereja pusat paroki. Para OMK turut mengarak salib dengan berjalan kaki dan menggunakan kendaraan beroda dua atau kendaraan beroda empat. Setelah sampai di halaman gereja, dilakukan prosesi serah terima Salib HOMKKAP 2 dari Paroki Pahauman oleh Pastor Yoseph dan diterima Pastor Marsel untuk disimpan di Paroki Jelimpo.

Suasana Foto bersama usai misa

 Salib kemudian diarak masuk ke dalam Gereja diiringi dengan tarian dari OMK Paroki Jelimpo, dilanjutkan nyanyian pembukaan dari koor gabungan OMK dan SEKAMI Paroki Jelimpo.

“Semoga dengan hadirnya Salib HOMKKAP di Paroki, OMK tergerak untuk ambil bagian dalam kegiatan gereja, sebab kaum muda merupakan generasi masa depan gereja. Saya berusaha untuk membimbing dan mengarahkan serta menjelaskan kepada mereka tentang Salib tersebut,” jelas Pastor Marsel, OSM.

Hal ini juga mengungkapkan bahwa mereka mengadakan Ekaristi Kaum Muda (EKM) dengan tema yang berbeda setiap sebulan sekali dan memberikan katekese singkat supaya nilai-nilai kekatolikan tertanam di dalam diri OMK sejak dini, sebab sudah bertahun-tahun kaum muda disana belum dibenahi secara baik, terutama dalam pembentukkan karakter.

Suasana saat proses antar salib ke Paroki Jelimpo

Setelah perayaan Ekaristi selesai, seluruh OMK diajak dalam acara ramah tamah dan sesi foto bersama. Wajah ceria dan penuh semangat para OMK terpancar ketika mereka menyanyikan theme song HOMKKAP 2 disertai dengan gerakan. SEKAMI dari Paroki Jelimpo juga menampilkan gerakan dari lagu SEKAMI bersama suster pembina.

 Dukungan dari segenap umat di Paroki Jelimpo nampak melalui kehadiran dan partisipasi mereka menyediakan konsumsi untuk santap siang bersama.

Kesan bahagia disampaikan oleh Sela, OMK Jelimpo yang turut mempersiapkan acara ini bersama rekan kaum muda lainnya. “Saya merasa senang mengikuti acara Kirab Salib HOMKKAP ini sebab rasa persaudaraan antar OMK benar-benar terasa,” ungkapnya.

Salam damai, usai kegiatan misa

Kesan ini juga diungkapkan oleh Mesi, OMK Pahauman yang turut mengantar Salib ke Paroki Jelimpo. “Saya mendapatkan pengalaman yang mengesankan karena bertemu dengan rekan-rekan kaum muda dari Paroki Jelimpo, terutama pada saat menyanyikan theme song. Kami mengenal satu sama lain sebagai saudara dalam Kristus,” jelasnya.

Salib HOMKKAP 2 tersebut akan berada di Paroki Mater Dolorosa Jelimpo mulai tanggal 05-11 Juni 2019. Setelah itu, Pastor Marsel, OSM bersama OMK Jelimpo akan membawa Salib tersebut menuju Paroki Santo Yohanes Maria Vianney Serimbu pada hari Selasa, 11 Juni 2019.-Pricilia Grasela VKomsosKAP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Keuskupan Agung Pontianak