Ming. Jun 16th, 2019

Keuskupan Agung Pontianak

Instarare Omnia in Christo

Paus Fransiskus Terima Kunjungan Ad Limina Para Uskup Indonesia

Selasa (11/6/2019) sekitar pukul 10. 00 waktu Roma, para uskup se-Indonesia yang tergabung dalam Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) diterima Paus Fransiskus dalam rangkaian kunjungan Ad Limina para uskup.

Paus Fransiskus menerima kunjungan para uskup Indonesia (foto Rome Reposts)

Dalam suasana santai Paus menerima para uskup dari 36 keuskupan di Indonesia (minus keuskupan Jayapura). Para uskup tampak senang dengan penerimaan Paus. Mereka duduk berkumpul di sekitar Paus Fransiskus dengan santai.

Setelah itu, Paus menyapa setiap uskup satu per satu dan memberikan teks Magisterialnya. Bahkan Paus sempat membuat sedikit cadaan, sehingga membuat para uskup tertawa.

Kunjungan Ad Limina dilakukan lima tahun sekali oleh para uskup. Kunjungan dimaksudkan untuk menunjukkan penghormatan kepada penganti Santo Petrus, mengakui yurisdiksi universal Paus, menerima peringatan dan nasihat Paus, serta semakin mengeratkan hubungan anggota-anggota Gereja dengan kepala Gereja Katolik.

Tiap uskup diharapkan memberikan laporan mendalam tentang keuskupannya. Selain itu juga,  para uskup akan mengunjungi makam Santo Petrus dan Santo Paulus.

Dalam kunjungan Ad Limina tahun ini, para uskup Indonesia mendapatkan satu catatan  penting perihal panggilan. Catatan penting itu terungkap saat para uskup Indonesia berkunjung ke Kongregasi untuk Hidup Bakti dan Serikat Hidup Apostolik, Senin, (10/6/2019) lalu. Dalam pertemuan itu, disampaikan bahwa Indonesia tercatat sebagai negara yang subur dengan panggilan meskipun Katolik adalah agama minoritas.

Seperti sudah diberitakan sebelumnya, para uskup Indonesia sudah berada di Vatikan (Roma) untuk kunjungan Ad Limina sejak 8 Juni 2019 lalu dan akan berakhir pada tanggal 16 Juni 2019 mendatang.

PM – Sumber Informasi Mgr. Agustinus Agus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.