Keuskupan Agung Pontianak

Instarare Omnia in Christo

Mgr. Agustinus Agus ; ” Mau berbuat baik pun kita harus minta pimpinan Tuhan”

Hal itu dikatakan Mgr. Agustinus Agus dalam Misa Krisma dan Pelantikan DPP di Gembala Baik Senghie tanggal 14 Juli 2019 pada pukul 17.30 WIB.

Misa dipimpin langsung oleh
Mgr. Augustinus Agus dan didampingi oleh P. Amandus Ambot, OFMCap dan P. Leo Nojo, OFMCap selaku Pastor Paroki.

Misa ini merupakan kesempatan Misa krisma sekaligus pengukuhan Pengurus DPP Paroki Gembala Baik untuk 3 tahun kedepan.

Di tengah padatnya kesibukan Uskup Agus, beliau menyempatkan diri untuk menjadwalkan agendanya untuk memberkati kepengurusan DPP Paroki Gembala Baik Pontianak dan sekaligus mengkrismakan 40 kismawan dan krismawati.

Dalam homilinya ia mengatakan bahwa kita manusia yang lemah ini untuk melawan yang jahat kita membutuhkan kekuatan dari Tuhan dan untuk melakukan yang baik pun kita harus membutuhkan kekuatan dari Tuhan.

“Dalam hidup, kadang pengikut Yesus ini harus mampu berbuat baik. Hanya dalam Tuhan kita bisa berbuat baik. Untuk berbuat baik pun kita harus minta bantuan Tuhan, ” Katanya.

Foto bersama Krismawan dan Krismawati yang sudah diberikan Sakramen Krisma Oleh Mgr. Agustinus Agus

Usai Homili, kemudian dilanjutkan dengan prosesi Krisma bagi calon kismawan dan krismawati oleh Uskup Agung Pontianak. Setelah itu, pembacaan SK DPP oleh perwakilan dari DPP, begini bunyinya;

Pertama bahwa Paroki sebagai persekutuan umat Katolik yang harus diatur secara rapi dan terstruktur. Agar tujuan pelayanan terkait Pastoral bisa berjalan dengan baik dan jelas.
Kedua, bahwa peran aktif dan kerjasama umat yang berbakat dan punya karunia khusus untuk memutuskan sekaligus merencanakan dalam urusan gereja bisa tersalurkan secara baik untuk kedepannya.

Dan poin ketiga yaitu terkait tentang Pembentukan pengurus harus perlu dibuat sesuai keputusan yang berlaku sesuai dengan ketentuan dalam Gereja Katolik Roma.

Sekarang kepengurusan Dewan Pastoral Paroki Gembala Baik sudah berganti yaitu sejak kepengurusan dari 2015-2018 dan sekarang periode tahun 2019-2022 sesuai dengan susunan surat keputusan.

Adapun tugas yang diemban oleh kepengurusan DPP yang baru ini yaitu terkait memikirkan, merencanakan, dan memperbaiki hal-hal dengan tujuan pewartaan karya Pastoral di Paroki Gembala Baik Pontianak.

Foto bersama dengan DPP yang baru dilantik oleh Uskup Agung Pontianak Mgr. Agustinus Agus

Dalam sambutan ketua DPP yang baru, Bpk. Julius Surminto, mengucapkan banyak terimakasih kepada Uskup Agung Pontianak Mgr. Agustinus Agus, Pastor Paroki P. Leo Nojo, OFMCap dan segenap anggota DPP yang lama dan baru karena sudah melakukan tugas sesuai dengan tanggung jawabnya.

“Kami atas nama Pastor paroki dan DPP mengucapkan banyak Terima kasih kepada Mgr. Agus yang telah berkenan atas memimpin misa dan pengurus sebelumnya,” Ujarnya.

“Semoga dengan pelantikan ini, kita ingat akan tanggung jawab kita sebagai pengurus gereja untuk melayani umat Stasi Gembala Baik Pontianak, ” Katanya.

Kesempatan yang sama pula Pastor Leo, OFMCap Pastor Paroki Gembala Baik mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan karena kesempatan ini boleh dilangsungkan. Pertama yaitu pemberkatan Krismawan dan Krismawati sekaligus dengan pemberkatan kepengurusan baru DPP Paroki Gembala Baik Pontianak. Ia berharap bahwa dalam kesempatan ini pelayanan Pastoral semakin terbantu dan semakin banyak umat yang boleh dilayani.

“Kami mengucapkan banyak terimakasih kepada Mgr. Agus yang sudah melantik dan mengkrismakan umat Katolik di Paroki Gembala Baik Pontianak,” katanya.

“Tepuk tangan untuk bapak Uskup karena hari yang sama Mgr. Agus sudah mengkrismakan Umat di Ngabang, ” tambahnya.

“Terimakasih kasih untuk para pengurus yang sudah dilantik, selamat dan mari kita bersama-sama untuk melayani. Saya yakin, pekerjaan yang dilakukan dengan setulus ikhlas akan selalu diberkati Tuhan. Dan terimakasih banyak untuk pengurus yang lama, yang sudah melayani selama periode lalu, semoga kasih dan damai Tuhan selalu memberkati kalian, ” Katanya.

Dalam sambutan Uskup Agung Pontianak, beliau menghimbau untuk semua umat agar bisa menyukseskan kerjasama dalam proses BIDUK KAP (Basis Data Umat Katolik Keuskupan Agung Pontianak) terkait pendataan statistik umat Katolik di Keuskupan Agung Pontianak. Harapan ini dilakukan karena mengingat bahwa sekarang sudah generasi penuh digital yang banyak memberikan kemudahan untuk pewartaan. Kesempatan baik ini Uskup Agung Pontianak menghimbau kepada semua umat untuk saling berkerjasama dalam pendataan statistik umat Katolik.

“Mohon kiranya para umat, untuk mari sama-sama menuntaskan kerjasama dalam pendataan umat di Keuskupan Agung Pontianak. Karena ini juga sangat membantu Pastor Paroki untuk mengetahui berapa jumlah real dari umatnya di Paroki. Dan masih banyak lagi kemudahan yang memungkinkan bagi umat untuk tidak perlu diribetkan dengan hal-hal teknis,” ujar Mgr. Agus dalam menutup kata sambutannya. – Semz_Komsos Kap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *