Mon. Sep 21st, 2020

Keuskupan Agung Pontianak

Instarare Omnia in Christo

Irjen Pol Dr. Remigius Sigid Tri Hardjanto, SH., M.Si Kapolda Kalbar Kunjungi Mgr. Agustinus Agus Uskup Agung Pontianak

Kunjungan Silahturahmi Kapolda Baru Irjen Pol Dr. Remigius Sigid Tri Hardjanto, SH., M.Si. bersama istri dan Keluarga di Keuskupan Agung Pontianak ,JL. Ir H Juanda, 86-88, Pontianak, Darat Sekip, Pontianak Kota, Pontianak, West Kalimantan 78243, (14/02/2020).

Kota Pontianak merupakan ibu kota dari provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. Biasanya kota Pontianak ini juga dikenal sebagai Kota Khatulistiwa karena dilalui garis khatulistiwa. Di utara Kota Pontianak tepatnya Siantan, terdapat Tugu Khatulistiwa yang dibangun pada tempat yang dilalui garis khatulistiwa. 

Kalimantan Barat khususnya Kota Pontianak ini dikenal dengan wilayah tiga etnis yaitu CINDAYU, (Cina,Dayak dan Melayu). Dan salah satu icon Kalbar adalah Keuskupan Agung Pontianak yanh sekarang Uskup Agung Pontianak adalah Mgr.Agustinus Agus.

Belum lama ini tepatnya pada Selasa (11/2/2020) di Rupatama Mabes Polri, Tongkat komando sebagai orang nomor satu di Polda Kalbar resmi berpindah tangan dari Irjen Pol H Didi Haryono kepada Irjen Pol DR Remigius Sigid Tri Hardjanto.

Dimana upacara serahterima jabatan kapolda Kalbar bersama 7 Jabatan Kapolda lainnya itu langsung di pimpin oleh Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis.

Sama seperti tahun-tahun pertama saat Irjen Pol H Didi Haryono menjadi Kapolda Kalbar, bersilahturahmi dengan Pihak Keuskupan Agung Pontianak, demikian juga Irjen Pol DR Remigius Sigid Tri Hardjanto.

Dalam kunjungan silahturahmi Irjen Pol DR Remigius Sigid Tri Hardjanto sebagai Kapolda baru ini, kamis (14/02/2020) di Keuskupan Agung Pontianak, disambut baik oleh Keuskupan Agung Pontianak dengan sambutan langsung dari Mgr. Agustinus Agus Uskup Agung Pontianak, P. Barces, CP sebagai sekretaris Keuskupan Agung Pontinak. RD. John Rustam sebagai Komisi Kerawam, RD. Alexius Alex sebagai Pastor Paroki Santo Yoseph Katedral, RD. Yosep Maswardi sebagai Pastor Rekan dan sekaligus Pastor Komisi Kepemudaan Keuskupan Agung Pontianak, beserta  biarawan dan biarawati yang ada di Keuskupan Agung Pontianak.

Kunjungan Kapolda Kalbar itu juga dihadiri oleh Sekda Kalbar,  Al Leysandri, dan jajarannya.

Kesempatan itu, Mgr. Agustinus Agus sebagai tuan Rumah Keuskupan Agung Pontianak juga mengatakan gambaran tentang profil keuskupan Agung Pontianak.

“Inilah Pak Kapolda, wajah Keuskupan Agung Pontianak. Hari ini dihadiri juga oleh perwakilan berbagai tarekat dan saya sebagai perwakilan dari Keuskupan Agung Pontianak, mengucapkan selamat datang dan selamat bertugas dalam tugas dan tanggungjawab yang dipercayakan,” katanya.

“Kami doakan, semoga Pak Kapolda diberkati dalam tugas yang dijalankan. Kami pihak Keuskupan Agung Pontianak, sangat menyambut baik kedatangan Kapolda Kalbar yang baru di bumi Khatulistiwa,” tandasnya.

Dalam kesempatan itu pula, Irjen Pol DR Remigius Sigid Tri Hardjanto memberi kata sambutan dan dalam sambutannya, ia sedikit menceritakan sedikit kesamaan antara kondisi tempatnya bertugas sebagai Kapolda Sulawesi Utara dulu dan sekarang ia bertugas di Kapolda Kalbar. Sama halnya, disana juga banyak nasrani, begitu juga di Kalimantan Barat.

“Saya dan istri saya berasal dari magelang, kebetulan disana banyak Katolik. Saya mendapatkan tugas di Kapolda Kalbar, yang sebelumnya menjadi Kapolda Sulawesi Utara. Tapi kondisi suasananya hampir sama,” ujarnya.

Dalam sambutannya ia mohon dukungan dan kerjasamanya dalam tugasnya menjadi Kapolda Provinsi Kalimantan Barat.

“Saya beserta keluarga mohon dukungan dan doanya untuk tempat  tugas yang saya emban di Kapolda Kalbar ini,” ujarnya.

Kunjungan silahturahmi Kunjungan Silahturahmi Irjen Pol DR Remigius Sigid Tri Hardjanto sebagai Kapolda Baru Kalbar di Keuskupan Agung Pontianak ditutup dengan Foto bersama dan dilanjutkan dengan acara ramah tamah bersama Mgr. Agustinus Agus didampingi oleh RD. John Rustam sebagai Komisi Kerawam Keuskupan Agung Pontianak, Pastor Paroki Santo Yoseph Katedral Pontianak RD. Alexius Alex dan perwakilan berbagai tarekat yang hadir. Acara ramah tamah dilaksanakan di Gedung Pasifikus Gereja Santo Yoseph Pontianak Katedral, diikuti oleh seluruh tamu undangan dari tarekat-tarekat dan pastor paroki,  dan Jajaran Kapolda dalam Silahturahmi Kapolda Kalbar yang baru (14/02/2020).- Semz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Keuskupan Agung Pontianak